jump to search

Tata Kelola Perusahaan

 

Standar Prilaku Bisnis

Praktek Tata Kelola Perusahaan kami termasuk antara lain, penerapan dari British American Tobacco Group’s Standards of Business Conduct (SOBC) di dalam organisasi.

Standar Prilaku Bisnis - September 2011 (764 kb)
Pernyataan Prinsip-Prinsip Bisnis - Agustus 2010 (74 kb)

Prosedur Pelaporan

Procedure Laporan Pelanggaran (162 kb) 

Standar Perilaku Supplier

Standar Perilaku Supplier (77 kb) 

Komite Audit

Komite Audit terdiri dari tiga anggota yang ditunjuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris melalui Keputusan Dewan Komisaris sebagai Pengganti Rapat Dewan Komisaris Perseroan tanggal 17 Maret 2016. Anggotanya merupakan pihak yang independen dan dipimpin oleh Komisaris Independen Perseroan.

Peran dari Komite Audit adalah membantu Dewan Komisaris dan Direksi dalam isu-isu yang berkaitan dengan pengelolaan risiko bisnis, pengendalian internal, kepatuhan serta pengelolaan bisnis.

Komite Audit Perseroan pada saat ini, sebagai berikut:

Eddy Abdurrachman

Eddy AbdurrachmanDiangkat sebagai ketua Komite Audit Perseroan pada tahun 2016 untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun ke depan berdasarkan Keputusan Dewan Komisaris tanggal 17 Maret 2016. Beliau memperoleh gelar Sarjana bidang Ilmu Keuangan dari Institut Ilmu Keuangan, Jakarta pada 1979. Beliau pernah menempati berbagai jabatan senior di berbagai instansi pemerintahan, antara lain sebagai Direktur Jenderal Bea dan Cukai Departemen Keuangan RI, dan sebagai Penasihat Menteri Keuangan Hubungan Ekonomi Internasional Departemen Keuangan RI. Beliau juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian di Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian.

Hendro Martowardojo

Hendro MartowardojoDiangkat sebagai anggota Komite Audit Perseroan pada tahun 2016 untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun ke depan berdasarkan Keputusan Dewan Komisaris tanggal 17 Maret 2016. Gelar Sarjana Ekonomi diperolehnya dari Universitas Indonesia pada 1982 dan Master of Business Administration dalam bidang International Management dari Brussels European University pada 1986. Beliau memiliki pengalaman kerja selama 30 tahun, baik di perusahaan- perusahaan multinasional, perusahaan nasional dan BUMN, dan telah menduduki posisi senior di berbagai perusahaan seperti Citibank, Grup Director dari PT Maharani Paramitra, Presiden Direktur dari PT Aerowisata yang merupakan anak perusahaan PT Garuda Indonesia dan Presiden Direktur PT Citra Dana Asia (Fund Asia). Sebelum bergabung dengan Perseroan, beliau menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Niaga Sekuritas dan PT Asia Multi Dana dan sampai saat ini beliau masih menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Resource Alam Indonesia Tbk.

Suria Martara Tjahaja

Suria Martara TjahajaMenjabat sebagai anggota Komite Audit Perseroan pada tahun 2016 untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun ke depan berdasarkan Keputusan Dewan Komisaris tanggal 17 Maret 2016. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PT Resource Alam Indonesia Tbk (1998- 2007), Komisaris Independen, dan Ketua Komite Audit PT Summitplast Tbk (2003-2007). Beliau juga merupakan anggota Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Resource Alam Indonesia Tbk sejak tahun 2008. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis dari California state University Fresno, Fresno, California, Amerika Serikat, dan Master of Business Administration di Corporate Finance dari Golden State University, San Francisco, California, Amerika Serikat.

Audit Committee Charter

Audit Committee Charter (113 kb) 

Sekretaris Perusahaan

Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan kondisi umum Perseroan dan kinerjanya kepada seluruh pihak yang berkepentingan, baik di pasar modal maupun di masyarakat luas. Tugas lain dari Sekretaris Perseroan adalah menghadiri seluruh Rapat Dewan Komisaris, Rapat Direksi dan Rapat Gabungan Manajemen Perseroan. Sekretaris Perusahaan memberikan masukan kepada Direksi untuk memastikan Perseroan memenuhi persyaratan keterbukaan dan ketentuan pasar modal yang berlaku. Seluruh dokumen Perseroan, termasuk antara lain Daftar Pemegang Saham, Risalah Rapat Dewan Komisaris, Risalah Rapat Direksi serta Risalah RUPS, didokumentasikan oleh Sekretaris Perusahaan.

Dinar Shinta UlieSejak 1 September 2016, melalui keputusan Direksi yang diambil pada tanggal tersebut, posisi Sekretaris Perusahaan Perseroan dijabat oleh Dinar Shinta Ulie, lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok. Memulai kariernya di bidang hukum pada tahun 2001 bersama Lubis Ganie Surowidjojo selama 6 (enam) tahun dengan posisi terakhir sebagai Associate Lawyer. Ia kemudian bergabung dengan PT First Borneo International sebagai Asisten Wakil Presiden – Legal selama 1 (satu) tahun. Setelah itu, ia melanjutkan karirnya sebagai Manajer Legal di PT Agro Harapan Lestari selama 3 (tiga) tahun dan di PT Solusi Tunas Pratama Tbk selama 4 (empat) tahun sebagai Manajer Legal sebelum akhirnya bergabung bersama Perseroan.

max
large
medium
small
mobile